Akbar, Jumadi and Arono, Arono and Didi, Yulistio (2025) ANALISIS KETERBACAAN TEKS PADA BUKU BAHASA INDONESIA KELAS X TERBITAN ERLANGGA TAHUN 2022 MENGGUNAKAN TEORI FRY DAN TEKNIK CLOZE TEST. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI JUMADI AKBAR_A1A019059 - Williana -.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keterbacaan teks dalam
Buku Bahasa Indonesia Kelas X terbitan Erlangga tahun 2022 dengan
menggunakan dua pendekatan, yaitu teori Fry dan teknik Cloze Test. Jenis
penelitian ini adalah kuantitatif sederhana dengan pendekatan deskriptif.
Pendekatan Fry digunakan untuk mengukur keterbacaan berdasarkan struktur
kalimat dan kompleksitas kata, sementara Cloze Test digunakan untuk menilai
sejauh mana siswa dapat memahami isi teks secara kontekstual melalui pengisian
kata yang dirumpangkan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
dokumentasi dan tes. Data diperoleh dari enam teks bacaan dalam buku Bahasa
Indonesia kelas X yang dianalisis menggunakan grafik Fry dan teknik Cloze Test.
Instrumen penelitian berupa tes cloze yang diberikan kepada peserta didik kelas X
Bahasa SMA Negeri 04 Kota Bengkulu. Teknik analisis data dilakukan melalui
perhitungan jumlah kalimat dan suku kata (untuk metode Fry) serta persentase
jawaban benar siswa berdasarkan kategori keterbacaan (untuk teknik Cloze Test).
Hasil analisis berdasarkan teori Fry menunjukkan bahwa hanya teks observasi dan
teks rekon yang sesuai dengan tingkat keterbacaan kelas X. Sementara itu, hasil
Cloze Test diberikan untuk enam jenis teks, yaitu teks observasi, anekdot, hikayat,
cerpen, biografi, dan rekon. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas siswa
berada pada kategori keterbacaan instruksional untuk seluruh jenis teks. Teks
observasi memiliki tingkat keterbacaan independen tertinggi (50%), sedangkan teks
rekon menunjukkan dominasi kategori instruksional (72%). Sementara itu, kategori
frustrasional ditemukan paling tinggi pada teks biografi (28%) dan observasi (36%).
Kata Kunci: Keterbacaan, Teori Fry, Cloze Test, Buku Teks, Bahasa Indonesia,
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 03:52 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 03:52 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28109 |