ANALISIS SOAL SUMATIF BUATAN GURU BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMPN 2 KOTA BENGKULU BERDASARKAN ASPEK KOGNITIF MODEL ANDERSON DAN KRATHWOHL

Afrianto, Betra Adi and Noermanzah, Noermanzah and Nafri, Yanti (2025) ANALISIS SOAL SUMATIF BUATAN GURU BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMPN 2 KOTA BENGKULU BERDASARKAN ASPEK KOGNITIF MODEL ANDERSON DAN KRATHWOHL. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Skripsi_Betra_Adi_Afrianto_A1A021068 (4)-1 (1) - Betra Adi Afrianto.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Soal sumatif buatan guru Bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 2 Kota Bengkulu
belum memenuhi persyaratan kriteria penyusunan soal. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan aspek kognitif soal sumatif buatan guru Bahasa Indonesia
kelas VIII SMPN 2 Kota Bengkulu dan mendeskripsikan elemen yang terdapat
pada soal sumatif buatan guru Bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 2 Kota
Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif.
Sumber data diperoleh dari 50 soal pilihan ganda tes sumatif buatan guru. Instrumen
penelitian yang digunakan dibantu dengan tabulasi data tingkat kognitif Anderson
dan Krathwohl. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif deskriptif dengan
menganalisis soal penilaian akhir semester ganjil mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Soal didominasi pada level MOTS sebanyak 62% yang meliputi aspek kognitif
menerapkan (C3) sebanyak 31 soal, dan LOTS sebanyak 24% yang meliputi aspek
kognitif mengingat (C1) sebanyak 7 butir soal dan memahami (C2) sebanyak 5 butir
soal, level 3 HOTS sebanyak 14% yang meliputi aspek kognitif menganalisis (C4)
sebanyak 5 butir soal, mengevaluasi (C5) sebanyak 2 butir soal dan mencipta (C6)
tidak terdapat pada soal suamtif. Guru Bahasa Indonesia diharapkan
mempertimbangkan tercapainya pencapaian pembelajaran, elemen, dan tingkat
kognitif saat membuat soal untuk meningkatkan kualitas soal. Penelitian ini dapat
menjadi referensi bagi peneliti lanjutan, mendeskripsikan ranah kognitif taksonomi
Anderson & Krathwohl, serta menganalisis capaian pembelajaran sebagai dasar
pengembangan soal.
Kata Kunci: Soal Sumatif, Aspek Kognitif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 08 Oct 2025 03:53
Last Modified: 08 Oct 2025 03:53
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28114

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200