OPTIMASI LETAK POTONGAN LERENG UNTUK MODEL TERASERING SATU TRAP MENGGUNAKAN METODE FELLENIUS (Studi Kasus Jalan Taba Penanjung-Kepahiang Kabupaten Bengkulu Tengah Kilometer 38)

SALWANI, DANIEL and Mawardi, Mawardi and Razali, Makmun Reza (2021) OPTIMASI LETAK POTONGAN LERENG UNTUK MODEL TERASERING SATU TRAP MENGGUNAKAN METODE FELLENIUS (Studi Kasus Jalan Taba Penanjung-Kepahiang Kabupaten Bengkulu Tengah Kilometer 38). Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
[SKRIPSI] DANIEL SALWANI (G1B016064) (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Lereng dengan kemiringan yang terjal dapat mengakibatkan tanah longsor. Salah
satunya adalah lereng pada ruas jalan Taba Penanjung-Kepahiang kilometer 38.
Tanah longsor pada daerah ini dapat mengakibatkan membahayakan pengguna
jalan yang melintasi daerah sekitarnya. Tujuan penelitian yang akan dilakukan
adalah mengoptimasi galian lereng terasering satu trap sehingga mendapatkan
nilai angka keamanan lereng. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah
dengan optimasi membuat galian trap terasering untuk mencegah terjadinya
longsor. Untuk mengetahui karakteristik tanah dilakukan pengambilan sampel
pada lereng yang akan diteliti. Selanjutnya dilakukan pengolahan data lapangan
di laboratorium untuk mengetahui karakteristik tanah Metode yang digunakan
menggunakan metode fellenius. Model trap bervariasi dengan model A galian
tinggi trap 0,2h, Model B galian tinggi trap 0,4h, Model C galian tinggi trap 0,5h,
Model D galian tinggi trap 0,6h dan model E galian tinggi trap 0,8h. Dari
perhitungan stabilitas lereng dengan permodelan 5 variasi lereng, Hasil nilai
optimum lereng dari salah satu permodelan dengan faktor keamanan tertinggi
mendapatkan hasil dengan nilai faktor keamanann lereng tanah asli yaitu 1,691,
dalam kondisi jenuh 1,636 dan kondisi tanah kering 2,238 adalah variasi lereng
satu trap 0,5h. Nilai faktor keamanan lereng dengan nilai tertinggi merupakan
faktor keamanan yang maksimum dari terasering satu trap.
Kata Kunci : Optimasi lereng, Faktor Keamanan, Terasering satu trap

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 08 Oct 2025 06:57
Last Modified: 08 Oct 2025 06:57
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28227

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200