Erlangga, Hakim and Suratman, Suratman and Anita, Marianata (2025) INOVASI PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR MELALUI SIGNAL DI UPTD KANTOR SAMSAT BENGKULU SELATAN. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi hakim Perpus - Hakim Erlangga.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Masalah yang terlihat dari Pembayaran pajak kendaraan bermotor yang ada di
kantor samsat adalah pelayanan yang belum optimal yang ada dikantor samsat
untuk membantu masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak. Pembayaran
pajak kendaraan bermotor masih dilakukan secara manual dan proses pelayanannya
yang terkesan lambat karena masih banyak masyarakat yang datang ke kantor
samsat untuk mengantri dalam melakukan pembayaran pajak. Penelitian ini
bertujuan untuk menjelaskan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui
layanan Signal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian
kualitatif deskriptif, informan diambil dari petugas kantor samsat dan masyarakat
dengan menggunakan tehnik purposive sampling dengan lokasi penelitian di UPTD
Kantor Samsat Bengkulu Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi, dan dokumentasi serta menganilisi data, reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini mengadopsi atribut inovasi
yang dikemukakan oleh Rogers yang dikutip oleh Nurdin (2019). Hasil penelitian
ini menunjukan bahwa inovasi pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor
melalui Signal berdasarkan aspek penelitiannya yaitu Aspek Relative Advantage
pada inovasi ini adanya nilai kebaruan yang melekat pada inovasi Signal yaitu jam
operasional yang unik dan modifikasi dari pelayanan ini sudah berjalan dengan
semestinya dan rancangan inovasi ini telah disusun secara matang. Aspek
Compatibility pada inovasi ini peran dari inovasi yang lama dalam proses transisi
ke inovasi yang baru masih kurang efektif, karena pengetahuan masyarakat minim,
namun layanan dari inovasi ini mudah dipahami, aspek Complexity pada inovasi ini
untuk kinerja yang dimiliki oleh petugas kantor samsat sesuai berdasarkan pada
bidang keahliannya dan untuk anggaran yang dimiliki cukup, namun untuk
anggaran pada inovasi ini tidak dapat dilakukan oleh pihak kantor samsat, aspek
Triability pada inovasi ini sebelum diterapkan Signal sudah melakukan uji publik
melalui media sosial instagram guna untuk memberikan pemahaman pada inovasi
Signal, dan aspek Observability pada inovasi ini mempunyai konsep pelayanan
yang unik karena tidak berbelit-belit dan mudah untuk ditiru/adopsi dan diterapkan
oleh instansi lain. Dapat disimpulkan bahwa inovasi layanan melalui Signal ini
sudah berjalan dengan efektif, namun perlu untuk meningkatkan lagi sosialisasi
mengenai signal guna untuk memberikan pemahaman yang lebih baik pada
masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor melalui Signal
Kata Kunci : Inovasi, Pelayanan, Signal, Samsat
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 01:56 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 01:56 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28325 |