AZZAHRA, MAWAR OCTA and Sulistya, Wardaya and Ika, Pasca Himawati (2025) EFEKTIVITAS MEDIA ONLINE DALAM MENDUKUNG PROSES BELAJAR MENGAJAR DI JURUSAN SOSIOLOGI. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI MAWAR OCTA AZZAHRA D1F020095 - Mawar Octa Azzahra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif penggunaan media online dalam
mendukung proses belajar mengajar di jurusan sosiologi. Pada penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan responden 66 orang mahasiswa
sosiologi angkatan 2023, dan dosen Jursan Sosiologi Universitas Bengkulu.
Penelitian ini menggunakan uji-t dengan teori fungsional structural sebagai alat
untuk menganalisis temuan. Analisis fungsional dari efektivitas pembelajaran
media online yang dilatarbelakangi oleh penyebaran virus covid-19, namun
setelah pandemi covid-19 media pembelajaran online masih tetap dilanjutkan.
Berdasarkan hasil hitung uji t diperoleh bahwa waktu belajar sebesar 82.659,
sedangkan ditinjau dari efektivitas media online sebesar 62.282. Dari hasil hitung
uji t menunjukan adanya efektivitas dari waktu belajar maupun media online
terhadap kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa. Sementara diperoleh hasil
hitung 73% mahasiswa menjawab waktu pembelajaran online sudah cukup efektif
dan sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Perkuliahan berlangsung sesuai
dengan jadwal tiap mata kuliah dengan metode hybrid yang dimana pembelajaran
online dapat berlangsung sesuai dengan arahan dari dosen. Efektivitas waktu
pembelajaran online bergantung pada manajemen waktu yang baik oleh
mahasiswa dan dosen. Jika jadwal sudah jelas dan diikuti secara konsisten, maka
pembelajaran dapat berjalan efektif. Dengan demikian, waktu belajar yang sudah
tercapai menunjukan mayoritas mahasiswa setuju media online berkontribusi
positif terhadap waktu belajar mahasiswa. Perolehan hasil dari uji regresi linear
sederhana yang diperoleh diketahui konstanta sebesar 6718. Jika waktu belajar =
0, maka efektivitas media online diperkirakan sebesar 6,718. Koefisien Waktu
Belajar (X) sebesar 0,796. Hal itu dapat diartikan bahwa setiap peningkatan 1
satuan waktu belajar akan meningkatkan efektivitas media online sebesar 0,796.
Kemudian nilai p (Sig.) untuk Variabel X adalah 0,000 < 0,05, menunjukkan
bahwa waktu belajar berpengaruh signifikan terhadap efektivitas media online.
Dengan nilai t yaitu 5,734 menunjukkan bahwa pengaruhnya cukup kuat.
Kata Kunci: Waktu Belajar dan Efektivitas Media Online
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:47 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 03:47 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28411 |