PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BUKU KOLEKSI BENDA BERSEJARAH SEBAGAI MEDIA INFORMASI INTERAKTIF DAN MEDIA PROMOSI (STUDI KASUS : MUSEUM NEGERI BENGKULU)

RAHMAT, AJEI IBNU and Andreswari, Desi and Setiawan, Yudi (2021) PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BUKU KOLEKSI BENDA BERSEJARAH SEBAGAI MEDIA INFORMASI INTERAKTIF DAN MEDIA PROMOSI (STUDI KASUS : MUSEUM NEGERI BENGKULU). Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Skripsi AR-Museum-Bengkulu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi dapat membantu museum dalam upaya pelestarian koleksi
benda bersejarah serta memudahkan museum dalam penyampaian informasi. Museum
Negeri Bengkulu merupakan bangunan yang telah menyimpan dan melestarikan 6.150
koleksi bersejarah di provinsi Bengkulu yang memiliki banyak nilai-nilai sejarah dan
budaya. Teknologi augmented reality merupakan sebuah teknologi yang dapat
digunakan dalam membantu museum untuk memperkenalkan, melestarikan dan
memamerkan benda bersejarah. Metode marker-based tracking merupakan salah satu
metode dalam teknologi augmented reality. Metode ini, memanfaatkan sebuah
barcode/pattern atau marker yang selanjutnya akan di deteksi oleh kamera untuk
kemudian sistem akan melakukan tracking terhadap posisi benda digital berdasarkan
posisi marker. Pemanfaatan teknologi augmented reality pada museum dilihat dapat
membantu upaya memperkenalkan, melestarikan dan memamerkan warisan benda
bersejarah secara interaktif. Pada penelitian ini telah dihasilkan sebuah aplikasi
augmented reality museum bengkulu dengan menggunakan metode marker-based
tracking sebagai media informasi interaktif. Aplikasi ini dapat menampilkan informasi
secara interaktif dengan adanya media-media visual seperti objek 3D, audio, video,
gambar dan text. Aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai media promosi Museum
Negeri Bengkulu dan koleksi benda bersejarah berdasarkan hasil pengujian efektifitas
media promosi dengan menggunakan pendekatan EPIC model dalam sebuah kuisioner
pada 45 responden. Aplikasi yang dibangun telah di uji dan dinyatakan layak
berdasarkan hasil pengujian dengan metode black-box testing dan white-box testing.
Kata kunci : Augmented Reality, AR Museum Bengkulu, Android, Media Informasi
Interaktif, Media Promosi, Museum Negeri Provinsi Bengkulu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 09 Oct 2025 03:33
Last Modified: 09 Oct 2025 03:33
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28441

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200