APLIKASI ANIMASI EDUKASI KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI PANDEMI CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19) UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : SDN 69 KOTA BENGKULU)

Rizki, M. Agung and Johar, Asahar and Faurina, Ruvita (2021) APLIKASI ANIMASI EDUKASI KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI PANDEMI CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19) UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : SDN 69 KOTA BENGKULU). Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Laporan Skripsi M. Agung Rizki.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Kesiapsiagaan merupakan tindakan yang dilakukan pada masa pra bencana
(sebelum terjadi bencana). Dilakukannya kesiapsiagaan bencana adalah
untuk mengurangi risiko (dampak) yang diakibatkan oleh adanya bencana.
Komunitas sekolah juga perlu melakukan kesiapsiagaan demi terciptanya
warga sekolah dari kepala sekolah, guru, karyawan dan siswa yang siap
dan siaga terhadap bencana. Belum adanya mata pelajaran khusus tentang
pendidikan lingkungan hidup berbasis bencana di pendidikan formal, telah
memberikan andil kurang pekanya kesadaran generasi muda kita untuk
peduli. Menerapkan Mobile Learning merupakan solusi model
pembelajaran yang dilakukan antar tempat atau lingkungan dengan
menggunakan teknologi yang mudah dibawa pada saat pembelajar berada
pada kondisi mobile atau ponsel. Penelitian ini bertujuan untuk
menerapkan Mobile Learning dan animasi sebagai media pembelajaran
menghadapi pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) dengan cara yang
lebih menarik dan menyenangkan serta mengetahui ada tidaknya pengaruh
aplikasi ini terhadap anak-anak Sekolah Dasar mengenai kesiapsiagaan
menghadapi pandemi Coronavirus Disease (COVID-19). Berdasarkan
pengujian yang dilakukan, hasil pre-tes dan post-tes diperoleh ttabel =
2.06390 dan nilai t = -10,69. H0 diterima jika−������ < �ℎ����� < ������,
sementara nilai t berada di daerah penolakan H0 maka dapat disimpulkan
bahwa Aplikasi Animasi Edukasi Corona sebagai media pembelajaran
mengenai corona berpengaruh terhadap aspek pemahaman anak mengenai
pembelajaran Corona. Hasil yang diperoleh dari uji kelayakan aplikasi
termasuk dalam kategori “SANGAT BAIK” dengan rata-rata persentase
pengoperasian aplikasi 90% , tampilan 88,25% dan isi aplikasi 89,5%.
Kata kunci : Edukasi,Kesiapsiagaan, Animasi, Android, Media
Pembelajaran, Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 09 Oct 2025 03:53
Last Modified: 09 Oct 2025 03:53
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28458

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200