PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) ADOBE PHOTOSHOP DALAM MEMBANTU FOTOGRAFER DI ADAKITA VISUAL STUDIO BENGKULU UTARA

FIKRI, AL-FADLULLAH and Dwi, Aji Budiman and Andy, Makhrian (2025) PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) ADOBE PHOTOSHOP DALAM MEMBANTU FOTOGRAFER DI ADAKITA VISUAL STUDIO BENGKULU UTARA. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
FIKRI AL-FADLULLAH - D1E020057 - ALL FILE SKRIPSI - Fikri Al-Fadlullah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan Artificial Intelligence (AI)
Generative Fill Adobe Photoshop dalam mendukung aktivitas fotografer di Adakita
Visual Studio, Bengkulu Utara. Sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi, peneliti
menaruh perhatian khusus terhadap bagaimana teknologi digital, khususnya AI,
memengaruhi proses kerja kreatif dalam industri fotografi. Teknologi AI telah
menghadirkan efisiensi dan kreativitas dalam proses editing fotografi. Metode
penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data
diperoleh melalui wawancara dengan tiga fotografer profesional yang aktif
menggunakan fitur AI Generative Fill dalam Adobe Photoshop, serta observasi
langsung di lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI Generative
Fill mampu meningkatkan efisiensi kerja dengan mempercepat proses editing,
meningkatkan kualitas hasil karya, serta meminimalkan kesalahan manusia. Selain
itu, teknologi ini membantu fotografer menciptakan hasil visual yang lebih kreatif
dan inovatif. Namun, tantangan seperti keterbatasan koneksi internet dan adaptasi
awal terhadap teknologi masih menjadi kendala. Studi ini menyimpulkan bahwa
penggunaan AI dalam Adobe Photoshop memberikan dampak positif yang
signifikan terhadap proses editing fotografi, sekaligus membuka peluang bagi
fotografer untuk terus berinovasi di era digital. Penelitian ini diharapkan dapat
menjadi referensi bagi pengembangan teknologi serupa dalam industri kreatif
lainnya, terutama dari sudut pandang komunikasi visual.
Kata kunci: Artificial

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Comunication
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 10 Oct 2025 03:47
Last Modified: 10 Oct 2025 03:47
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28475

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200