Taufiqqurrahman, Arifin and Dhanurseto, Hadiprashada and Verani, Indiarma (2024) STRATEGI KOMUNIKASI BUMDES DALAM PEMASARAN PRODUK KOPI MARSA DESA MARGA SAKTI KECAMATAN PADANG JAYA KABUPATEN BENGKULU UTARA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ARIFIN TAUFIQQURRAHMAN (D1E018053)_compressed - Arifin Taufiqqurrahman.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Kopi MARSA merupakan salah satu komoditas unggulan desa yang diolah dan dipasarkan
oleh BUMDes sebagai upaya meningkatkan perekonomian lokal serta mendorong
kemandirian masyarakat. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana strategi
komunikasi BUMDes Marga Sakti dalam pemasaran produk kopi MARSA. Kedua untuk
mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh BUMDes Marga Sakti dalam proses
pemasaran produk kopi MARSA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah
pendekatan Integrated Marketing Communication (IMC). Hasil penelitian yang pertama
advertising (periklanan) dilakukan melalui media sosial seperti Facebook, yang digunakan
BUMDes untuk mempromosikan kopi MARSA secara rutin. Hasilnya, peningkatan
kesadaran masyarakat terhadap keberadaan produk kopi MARSA semakin terlihat,
meskipun belum dikelola secara maksimal. Kedua sales Promotion (Promosi Penjualan)
dilakukan dengan cara memberikan kopi gratis untuk tester, serta mengikuti pameran
UMKM lokal. Hasilnya, strategi ini mampu menarik perhatian konsumen baru dan
peningkatan penjualan kopi MARSA. Dan yang ketiga personal selling (penjualan
langsung), kekuatan komunikasi ini menjadi modal penting dalam memasarkan produk di
lingkungan yang masih sangat mengandalkan interaksi sosial secara tatap muka. Personal
Selling sangat berkesinambungan dengan iklan dan promosi yang dilakukan oleh BUMDes
Maju Jaya Sakti sebagai strategi komunikasi yang digunakan dalam pemasaran Kopi
MARSA. Tantangan yang dihadapi oleh BUMDes Maju Jaya Sakti Desa Marga Sakti ialah
kendala budaya yang membuat lemahnya promosi yang dilakukan terhadap produk lokak,
sikap pasif sebagian masyarakat akan kegiatan promosi. Keterbatasan sumber daya
BUMDes baik produk maupun anggaran yang digunakan untuk kegiatan promosi. Serta
tantangan yang minimnya konsistensi pesan komunikasi di berbagai saluran yang
digunakan. Meskipun demikian, semangat kolaboratif antara pengelola BUMDes, petani,
dan masyarakat atau konsumen menjadi kekuatan utama dalam mempertahankan eksistensi
ix
produk kopi MARSA. Kesimpulannya strategi komunikasi yang dilakukan telah
berdampak positif terhadap peningkatan pemasaran dan kesadaran merek) dan keterlibatan
masyarakat.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, BUMDes, Kopi MARSA, IMC, Komunikasi
Pemasaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Comunication |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:48 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 03:48 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28491 |