PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA

Anggia, Nur Inda Dwi and I Nyoman, Chandra and Nurhamidah, Nurhamidah (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Nur Inda Dwi Anggia_A1F021003_Pendidikan Kimia - Nurindah Dwianggia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar peserta didik serta
keterbatasan bahan ajar yang kontekstual dan mendukung pembelajaran mandiri,
khususnya pada materi larutan penyangga yang dianggap kompleks dan abstrak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-modul berbasis Process
Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dengan pendekatan kontekstual yang
layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan
pengembangan (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan
Disseminate). Subjek uji coba skala kecil terdiri dari 12 peserta didik kelas XII
MIPA 2, dan uji coba skala besar terdiri dari 38 peserta didik kelas XI 4 di SMAN
5 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian mencakup lembar wawancara, angket
kebutuhan peserta didik, lembar validasi, angket respons, dan lembar aktivitas
belajar peserta didik. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul ini sangat valid
untuk digunakan, dengan persentase kevalidan oleh ahli materi sebesar 92,5% dan
oleh ahli media sebesar 89,17%. Respons peserta didik berada pada kategori sangat
baik dengan rata-rata 91,79%, dan hasil implementasi menunjukkan aktivitas
belajar sebesar 81,87% ynag masuk dalam kriteria siswa sangat aktif. Hasil
penelitian yang didapatkan disimpulkan bahwa e modul berbasis Process Oriented
Giuded Inquiry Learning (POGIL) dengan pendekatan kontekstual pada materi
Larutan Penyangga layak digunakan untuk pembelajaran dengan materi tersebut.
Kata kunci: e-modul, POGIL, pendekatan kontekstual, larutan penyangga,
aktivitas belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Oct 2025 03:48
Last Modified: 10 Oct 2025 03:48
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28520

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200