Apriani, Putri and Rita, Sinthia and Mayang, T. Afriwilda (2025) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERENCANAAN KARIER SISWA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PUTRI APRIANI_A1L021008 (BK) PERPUS UNIB.. - Putri Apriani (A1L021008).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas layanan bimbingan
klasikal dengan metode brainstorming untuk meningkatkan pemahaman
perencanaan karier siswa. Penelitian dilakukan menggunakan metode
eksperimen dengan two group pre-test post-test control design. Populasi
dalam penelitian adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 5 Kota Bengkulu
yang berjumlah 445 siswa. Sampel penelitian berjumlah 37 siswa kelas
eksperimen dan 37 siswa kelas kontrol diambil dengan teknik simple
random sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan tes pemahaman
perencanaan karier dan analisis data penelitian menggunakan uji non
parametrik (Mann Whitney). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat
perbedaan tingkat pemahaman perencanaan karier antara siswa yang
menerima layanan bimbingan klasikal dengan metode brainstorming dan
pemahaman perencanaan karier pada siswa yang menerima layanan
bimbingan klasikal tanpa metode brainstorming. Maka hasil penelitian
menunjukkan bahwa layanan bimbingan klasikal metode brainstorming
efektif terhadap pemahaman perencanaan karier siswa.
Kata Kunci: Perencanaan Karier, Layanan Bimbingan Klasikal,
Metode Brainstorming
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 08:39 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 08:39 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28539 |