Armando, Dego and Rita, Sinthia and Arsyadani, Mishbahuddin (2025) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG NOMOPHOBIA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FIKS CETAK DEGO ARMANDO - Dego Armando_035.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan klasikal
dengan metode diskusi kelompok dalam meningkatkan pemahaman siswa
terhadap nomophobia. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen two group
pretest-posttest control design dengan melibatkan 58 siswa kelas XI sebagai
sampel. Kelompok eksperimen mendapatkan layanan bimbingan klasikal dengan
metode diskusi kelompok, sedangkan kelompok kontrol menerima layanan
klasikal tanpa metode diskusi kelompok. Instrumen penelitian berupa tes pilihan
ganda sebanyak 28 soal yang disusun untuk mengukur tingkat pemahaman siswa
mengenai nomophobia. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata skor pemahaman
siswa di kelompok eksperimen meningkat dari 12,93 menjadi 22,76, sedangkan
kelompok kontrol meningkat dari 10,93 menjadi 13,17. Uji t menunjukkan hasil
yang signifikan dengan nilai signifikansi < 0,05. Dengan demikian, layanan
bimbingan klasikal dengan metode diskusi kelompok terbukti efektif dalam
meningkatkan pemahaman siswa tentang nomophobia.
Kata kunci: nomophobia, bimbingan klasikal, diskusi kelompok
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 08:39 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 08:39 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28542 |