EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK MINDFULLNESS TEKNIK SELF-COMPASSION UNTUK MENGURANGI OVER SELF-CRITICISM SISWA

Fitriyani, Renny and Rita, Sinthia and Mayang, T. Afriwilda (2025) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK MINDFULLNESS TEKNIK SELF-COMPASSION UNTUK MENGURANGI OVER SELF-CRITICISM SISWA. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI RENNY FITRIYANI BEBAS PEPPUS UNIB - Renny Fitriyani_019.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas konseling kelompok
mindfullness teknik self-compassion untuk mengurangi over self-criticism siswa.
Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan two group pre-test
post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri
6 Kota Bengkulu yang berjumlah 36 siswa. Sampel penelitian dengan jumlah
sampel 10 siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan
data menggunakan angket over self-criticism dengan model skala Likert. Teknik
analisis data penelitian menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
over self-criticism siswa sebelum diberikan layanan konseling kelompok
mindfullness dengan teknik self-compassion skor rata-rata 145.2 dengan kategori
tinggi. Skor rata-rata setelah diberikan layanan konseling kelompok mindfullness
dengan teknik self-compassion 74,8 dengan kategori rendah. Hasil uji-t
menunjukkan nilai 73,070. Diketahui hasil penelitian bahwa terdapat efektivitas
konseling kelompok mindfullness teknik self-compassion untuk mengurangi over
self-critisicm siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan layanan
konseling kelompok mindfullness teknik self-compassion dapat dijadikan salah satu
pilihan program bimbingan dan konseling di sekolah yang perlu diterapkan oleh
guru BK untuk meningkatkan minat siswa melanjutkan kesekolah menengah
kejuruan.
Kata Kunci : Over Self-Criticism, Self-Compassion, Konseling Kelompok
Mindfullness

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 09 Oct 2025 08:38
Last Modified: 09 Oct 2025 08:38
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28543

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200