PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING DILENGKAPI VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK MATERI STATISTIKA SMP

Nisa, Choirun and Dewi, Rahimah and Effie, Efrida Muchlis (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING DILENGKAPI VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK MATERI STATISTIKA SMP. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
A1C021001 - CHOIRUN NISA - SKRIPSI_compressed - Choirun Nisa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan produk LKPD
berbasis problem-based learning dilengkapi video animasi untuk meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah materi statistika pada kelas VIII SMP yang valid,
praktis dan efektif. Latar belakang penelitian ini adalah kurang optimalnya
penggunaan bahan ajar dan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian desain model Tessmer dengan tipe development
studies dengan dua langkah, yaitu preliminary (persiapan dan penyusunan format)
dan formative evaluation (self-evaluation, expert review, one-to-one, small group,
dan field test). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar
validitas, lembar keterbacaan, lembar kepraktisan dan tes kemampuan pemecahan
masalah. Hasil dari penelitian ini adalah LKPD dinyatakan valid oleh validator
berdasarkan empat aspek, yaitu isi, konstruksi, bahasa dan media serta dinyatakan
valid oleh peserta didik berdasarkan aspek keterbacaan. LKPD ini sangat praktis
bagi peserta didik dengan rata-rata kepraktisan 4,52 dari skala 5. LKPD memenuhi
kriteria efektif berdasarkan ketuntasan klasikal, di mana 82,61% peserta didik
mencapai skor tes ≥ 75 dan karakteristik utama LKPD yang dikembangkan adalah
penyusunan tahap-tahap PBL yang mendukung kemampuan pemecahan masalah
peserta didik pada materi statistika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD
berbasis PBL dilengkapi video animasi dapat menjadi alat pembelajaran.
Kata Kunci : Problem-Based Learning, Video Animasi, Kemampuan
Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Oct 2025 03:49
Last Modified: 10 Oct 2025 03:49
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28600

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor