AGUSTINA, NINA and Panji, Suminar and Ika, Pasca Himawati (2025) STRATEGI SOPIR ANGKUTAN KOTA DALAM ERA TRANSPORTASI BERBASIS ONLINE Studi Kasus Angkutan Kota di Kota Bengkulu. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NINA AGUSTINA - Nina Agustina.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi sopir angkutan kota dalam
era transportasi berbasis online dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif.
Penentuan infroman menggunakan teknik purposive sampling. Informan dari
penelitian ini terdiri dari 8 orang yaitu, lima (5) sopir angkot, dua (3) penumpang
angkot. Pengumpulan data menggunakan teknik obsevasi non partisipan,
wawancara menggunakan teknik semi terstruktur dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dari lapangan di analisis menggunakan reduksi data, penyajian data,
gambar dan narasi, kemudian diberikan kesimpulan. Penelitian ini dianalisis
menggunakan teori Konflik yang di kemukakan oleh Ralf Dahrendorf. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang di gunakan para sopir angkot untuk
mendapatkan penumpang diantaranya: 1). Membangun kerja sama dengan
penumpang, sopir angkot mulai membangun hubungan personal dengan
penumpang tetap. Mereka menciptakan suasana nyaman lewat komunikasi dengan
ramah, sikap sopan, dan kesediaan membantu, agar penumpang merasa dihargai
dan tetap memilih angkot mereka. 2). Menggunakan sosial media dan Aplikasi
Whatsapp untuk promosi, beberapa sopir angkot mulai memanfaatkan whatsapp
dan media sosial untuk layanan promosi, memudahkan penumpang menghubungi
langsung tanpa harus menunggu di jalan. 3). Menjalin kerja sama dengan sekolah
atau instansi, sopir angkot melakukan kerja sama dengan sekolah, pesantren, dan
kantor pemerintah, kerja sama ini berbentuk layanan antar jemput harian dengan
sistem kontrak, agar sopir medapatkan penumpang tetap dan tidak bergantung
pada penumpang umum. 4). Menyediakan layanan tambahan: antar barang dan
titipan, sopir angkot mulai memperluas layanan mereka dengan menerima jasa
pengantaran barang seperti dokumen, paket kecil atau makanan yang di butuhkan
warung warung kecil. 5). Menawarkan sistem langganan atau paket harian Sopir
angkot menerapkan sistem langganan harian, mingguan, atau bulanan untuk
menarik penumpang tetap seperti pelajar dan pegawai. Sistem ini menawarkan
tarif lebih murah sebesar Rp8.000, tarif mingguan sebesar Rp35.000 untuk lima
hari kerja (Senin sampai Jumat), dan tarif bulanan sebesar Rp130.000 untuk
sekitar 20 hari kerja dalam sebulan dan cara ini memberikan kepastian pandapatan
bagi sopir.
Kata Kunci : Strategi Angkutan Kota,Kota Bengkulu
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:49 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 03:49 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28616 |