ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTEKSTUAL MATERI SPLTV BERDASARKAN NEA (NEWMAN’S ERROR ANALYSIS) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Zakia, Putri and Dewi, Rahimah and Elwan, Stiadi (2025) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTEKSTUAL MATERI SPLTV BERDASARKAN NEA (NEWMAN’S ERROR ANALYSIS) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
A1C021003_PUTRI ZAKIA - putri zakia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis dan faktor penyebab kesalahan
peserta didik dalam menyelesaikan soal kontekstual sistem persamaan Linear tiga
variabel (SPLTV) ditinjau dari gaya belajar. Subjek penelitian terdiri dari sembilan
peserta didik kelas X A di SMA Negeri 11 Kota Bengkulu yang mewakili tiga gaya
belajar: visual, auditorial, dan kinestetik. Instrumen penelitian yang digunakan
meliputi angket gaya belajar, tes soal kontekstual materi SPLTV, dan pedoman
wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dominan
bervariasi sesuai gaya belajar. 1) Jenis-jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik
ditinjau dari gaya belajar yaitu peserta didik bergaya belajar visual cenderung
mengalami kesalahan pada tahap keterampilan proses (Process Skill Error) dan
jawaban akhir (Encoding Error). Peserta didik bergaya belajar auditorial cenderung
melakukan kesalahan pada tahap transformasi (Transformation Error),
keterampilan proses (Process Skill Error), dan jawaban akhir (Encoding Error).
Sedangkan peserta didik dengan gaya belajar kinestetik mengalami kesalahan
dominan pada tahap memahami (Comprehension Error) dan keterampilan proses
(Process Skill Error). 2) Faktor penyebab kesalahan meliputi: ketidaktelitian,
terburu-buru dalam menyelesaikan soal, kesulitan memahami dan
mentransformasikan soal ke dalam model matematika, serta kelalaian dalam
menuliskan kesimpulan akhir. Temuan ini mengindikasikan pentingnya
penyesuaian strategi pembelajaran berdasarkan gaya belajar peserta didik guna
meminimalkan kesalahan dalam penyelesaian soal matematis.
Kata kunci: Deskriptif, soal kontekstual, SPLTV, gaya belajar, Newman’s
Error Analysis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Oct 2025 03:49
Last Modified: 10 Oct 2025 03:49
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28620

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor