PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

Wati, Olga Jeni Setiyo and Nurul, Astuty Yensy and Tria, Utari (2025) PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
A1C021018_Olga Jeni Setiyo Wati_Skripsi - 018 Olga Jeni Setiyo Wati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan awal dan
komunikasi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMP pada
materi persamaan linear satu variabel. Kemampuan awal matematika adalah
pengetahuan kognitif yang sudah dimiliki oleh siswa sebelum mereka memulai
pelajaran matematika yang akan diberikan. Komunikasi matematis adalah aspek
penting yang berfungsi sebagai sarana komunikasi dalam pembelajaran matematika
untuk mendukung pengembangan berbagai keterampilan dan potensi siswa dalam
memahami dan menerapkan konsep-konsep matematika. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik analisis
regresi linier berganda. Subjek penelitian adalah 29 siswa kelas VIII di SMP Negeri
13 Kota Bengkulu yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang
digunakan meliputi tes komunikasi matematis, dan tes kemampuan pemecahan
masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan awal berpengaruh
signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi persamaan linear
satu variabel. (2) Kemampuan komunikasi matematis tidak berpengaruh signifikan
terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi persamaan linear satu
variabel. (3) Kemampuan awal dan komunikasi matematis secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi
persamaan linear satu variabel, dengan tingkat pengaruh sebesar 65,6%. Oleh
karena itu, penelitian ini menyarankan penguatan strategi pembelajaran yang
terfokus pada peningkatan kemampuan awal dan pengintegrasian komunikasi
matematis secara kontekstual untuk mengembangkan kemampuan pemecahan
masalah siswa.
Kata kunci: kemampuan awal, komunikasi matematis, kemampuan pemecahan
masalah, persamaan linear satu variabel

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Oct 2025 03:49
Last Modified: 10 Oct 2025 03:49
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28623

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200