Febrianti, Ivani and Ringki, Agustinsa and Pratiwi, Disha Stanggo (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1C021041_IVANI FEBRIANTI - Ivani Febrianti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Kurang optimalnya bahan ajar yang selama ini digunakan menyebabkan rendahnya
hasil belajar peserta didik pada materi persamaan garis lurus. Berdasarkan analisis
angket, wawancara, dan uji coba soal tes, rendahnya hasil belajar dipengaruhi oleh
kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematis. Oleh karena itu, diperlukan
bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang membantu
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Tujuan penelitian ini
adalah mengembangkan LKPD pada materi persamaan garis lurus yang valid,
praktis, dan efektif untuk melatih kemampuan pemecahan masalah matematis
peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Subjek penelitian ialah
peserta didik kelas VIII-B yang berjumlah 29 peserta didik. Penelitian ini
merupakan Penelitian dan Pengembangan menggunakan model ADDIE yang
terdiri dari lima tahapan : Analyze, Design, Develop, Implementation, dan
Evaluation. Instrumen penelitian meliputi angket analisis kebutuhan, pedoman
wawancara analisis kurikulum pedoman analisis karakteristik peserta didik, lembar
validasi, lembar kepraktisan, dan soal tes kemampuan pemecahan masalah
matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan
berada pada kategori sangat valid dengan rata-rata skor 0,89. LKPD dikatakan
sangat praktis dengan rata-rata skor 84% menurut peserta didik, dan 97% menurut
pendidik. Efektivitas LKPD dilihat melalui tingkat ketuntasan klasikal yang
mencapai 83%, serta perolehan nilai N-Gain yang memperoleh rata-rata skor 0,69
atau pada kategori sedang.
Kata kunci : LKPD, Discovery Learning, Pemecahan Masalah Matematis
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:49 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 03:49 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28625 |