Oktavianda, Adeka and Effie, Efrida Muchlis and Hari, Sumardi (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X SMA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ADEKA OKTAVIANDA_A1C021051 - Adeka Oktavianda..pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD berbasis Discovery Learning
untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis kelas X SMA
yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
(Research and Development) dengan model pengembangan 4D yaitu Define
(Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate
(Penyebaran) namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop
(Pengembangan). Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi, lembar
kepraktisan, dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini
menghasilkan E-LKPD berbasis Discovery Learning untuk meningkatkan
kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas X memenuhi
kriteria: 1) Sangat valid berdasarkan 53 pernyataan yang terdiri dari 17 pernyataan
aspek isi, 16 pernyataan aspek konstruk, 6 pernyataan aspek bahasa, 14 pernyataan
aspek media; 2) Praktis berdasarkan 15 pernyataan; 3) Efektif berdasarkan
ketuntasan belajar klasikal yaitu 88% peserta didik yang tuntas memperoleh nilai
KKM, dan hasil perhitungan N-Gain kemampuan pemahaman konsep dengan rata
rata N-Gain 0,72 berada pada kategoti tinggi.
Kata kunci: Discovery Learning, E-LKPD, Kemampuan Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:49 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 03:49 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28626 |