PENGEMBANGAN LKPD MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERKONTEKS KEBUDAYAAN BENGKULU PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP

Nugraini, Adelia and Hanifah, Hanifah and Tria, Utari (2025) PENGEMBANGAN LKPD MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERKONTEKS KEBUDAYAAN BENGKULU PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
ADELIA NUGRAINI_A1C021058_compressed - 058_Adelia Nugraini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Proses pembelajaran dan penggunaan bahan ajar yang berdekatan dengan
lingkungan peserta didik masih kurang optimal. Hal ini menyebabkan rendahnya
hasil belajar peserta didik pada materi statistika. Untuk mengatasi permasalahan ini
perlu adanya LKPD model Problem Based Learning pada materi statistika di kelas
VIII SMPN 7 Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Penelitian ini merupakan design research (penelitian desain) dengan menggunakan
tipe development studies dengan menerapkan 3 tahapan, yaitu preliminary research
(penelitian pendahuluan), prototyping (pembuatan prototipe) dengan menggunakan
alur formative evaluation (self evaluation, one-to-one, small group), assessment
phase (tahap penilaian). Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi, lembar
kepraktisan dan lembar soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan
LKPD dengan model Problem Based Learning memenuhi kategori valid dari segi
materi dengan skor 0,91, segi konstruksi dengan skor 0,88, segi bahasa dengan skor
0,84 dan uji keterbacaan diperoleh dari hasil penilaian validator dan peserta didik
terkait dengan kesesuaian LKPD dengan materi ajar, dan kesesuaian LKPD dengan
PBL. Berdasarkan penilaian beberapa kelompok peserta didik yang diperoleh dari
hasil penilaian kepraktisan dari pengamat dan peserta didik diperoleh kriteria
praktis hingga sangat praktis. Efektif dari hasil ketuntasan belajar peserta didik
secara klasikal yaitu diperoleh 66,67% peserta didik tuntas dengan nilai ≥ 70.
Kata Kunci: LKPD, Kebudayaan Bengkulu, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Oct 2025 03:50
Last Modified: 10 Oct 2025 03:50
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28627

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor