PENGARUH MODEL CORE BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH STATISTIKA PADA SISWA KELAS X SMA

Pratama, Adzkia and Ringki, Agustinsa and Della, Maulidiya (2025) PENGARUH MODEL CORE BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH STATISTIKA PADA SISWA KELAS X SMA. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
ADZKIA PRATAMA_A1C021059_SKRIPSI - 059_Adzkia Pratama.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa karena masih menggunakan model pembelajaran langsung belum
memfasilitasi siswa aktif mengasah pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending
(CORE) ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah Statistika di SMA Negeri 2
Bengkulu Selatan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen
semu dengan desain The Non Equivalent Post-Test-Only control group design.
Pengambilan sampel di ambil dengan melihat nilai rata-rata kedua kelas yang
tidak jauh berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik
kelas X SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Sampel penelitian ini adalah kelas X.9
sebagai kelas eksperimen dengan 34 siswa, sedangkan kelas X.8 sebagai kelas
kontrol yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini
adalah lembar tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk soal uraian.
Analisis data menggunakan: analisis deskriptif, uji prasyarat analisis dan uji
hipotesis. Hasil pengujian Hipotesis diperoleh bahwa �ℎ����� = −4,74 <
������ = 1,96 Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran
Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) berbantuan LKPD
terbukti ada pengaruh untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
Statistika pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X
SMA dengan LKPD CORE lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa dengan LKPD Pembelajaran Langsung.
Kata kunci : Eksperimen Semu, Connecting, Organizing, Reflecting, Extending
(CORE), Kemampuan Pemecahan Masalah, Statistika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Oct 2025 03:50
Last Modified: 10 Oct 2025 03:50
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28628

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200