Sari, Analistiana Tusina and Nurul, Astuty Yensy and Tria, Utari (2025) PENGEMBANGAN LKPD POLA BARISAN BILANGAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
Analistiana Tusina Sari_A1C019055_Pendidikan Matematika - 055 Analistiana Tusina Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep merupakan aspek penting dalam pembelajaran
matematika yang dapat ditingkatkan melalui penggunaan bahan ajar yang tepat.
Bahan ajar mampu menjelaskan materi secara rinci, memvisualisasi materi yang
abstrak, melatih siswa untuk berfikir kreatif serta mampu meningkatkan
kemampuan pemahaman konsep. Salah satu bahan ajar yang efektif digunakan
adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), khususnya yang dirancang dengan
pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD pada
materi pola barisan bilangan berbasis pendekatan saintifik guna meningkatkan
kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D, yang
terdiri dari tahapan pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan penyebaran.
Instrumen yang digunakan meliputi lembar Validitas, lembar kepraktisan, dan tes
kemampuan pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD
yang dikembangkan memenuhi kriteria: (1) Sangat valid berdasarkan penilaian
para validator; (2) Sangat praktis menurut respon 36 peserta didik; dan (3) Efektif
dengan nilai N-Gain sebesar 75,00 yang berada dalam kategori tinggi.
Kata Kunci : 4D, Kemampuan Pemahaman Konsep, Lembar Kerja Peserta
Didik, Pendekatan Saintifik
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:50 |
| Last Modified: | 10 Oct 2025 03:50 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28629 |

