PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS 10 SMA

Fawazzarah, Anisha and Ringki, Agustinsa and Elwan, Stiadi (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS 10 SMA. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
ANISHA FAWAZZARAH_A1C021050 (2) - 050 Anisha Fawazzarah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan kompetensi penting dalam pembelajaran
matematika, namun masih banyak siswa mengalami kesulitan karena rendahnya
keterlibatan aktif dan terbatasnya bahan ajar yang mendukung eksplorasi mandiri.
Problem-Based Learning (PBL) dinilai efektif karena mendorong keterlibatan aktif
melalui pemecahan masalah kontekstual. Dukungan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) dalam PBL membantu membimbing alur berpikir siswa, memperkuat
pemahaman konsep, dan meningkatkan kemandirian belajar. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL berbantuan LKPD terhadap
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian yang dilakukan
adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Post-test only control
group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 5 kelas dari kelas X SMA Negeri
2 Rejang Lebong Tahun Ajaran 2024/2025. Pada penelitian ini menggunakan teknik
Purposive Sampling sehingga didapatkan kelas XB sebagai kelas eksperimen dan
kelas XC sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas ada 36 siswa. Analisis
data dilakukan dengan uji-Z dua sampel independen. Pada uji-Z untuk hasil Post-
test kedua kelas sampel dengan taraf signifikansi (� = 0,05) dapat diperoleh nilai
ā/ÿāĂĄý = 3,63 > Ztabel = 1,96 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model
pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa.
Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, LKPD, Model
Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Oct 2025 03:50
Last Modified: 10 Oct 2025 03:50
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28630

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200