Khairunnisa, Fadillah and Ringki, Agustinsa and Elwan, Stiadi (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP KESEBANGUNAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Fadillah Khairunnisa_A1C021012_Pendidikan Matematika - 012_Fadillah Khairunnisa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model Discovery
Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep kesebangunan siswa kelas VII
SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen
semu dengan rancangan posttest-only control design. Populasi penelitian mencakup
seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Pengambilan sampel
dilakukan melalui teknik purposive sampling, dengan kelas VII.6 sebanyak 28
siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII.4 sebanyak 27 siswa sebagai
kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dua sampel
independen. Berdasarkan hasil uji-t dua sampel independen terhadap nilai post-test
kedua kelas sampel pada taraf signifikansi (α = 0,05), diperoleh nilai �hitung = 2,274
yang lebih besar dari �tabel = 2,007. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat
pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 21 Kota Bengkulu.
Rata-rata nilai post-test siswa pada kelas eksperimen adalah 81,12, sedangkan pada
kelas kontrol adalah 71,96. Nilai signifikansi (p) sebesar 0,027 < 0,05 menunjukkan
perbedaan yang signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model
Discovery Learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa.
Kata Kunci: Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:50 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 03:50 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28632 |