Fatinah, Khusnun and Ringki, Agustinsa and Elwan, Stiadi (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN RME BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KHUSNUN FATINAH (A1C021040) - Khusnun Fatinah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem-based
learning dengan pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi persamaan garis
lurus. Problem-based learning telah diidentifikasi sebagai model pembelajaran
yang mendorong pembelajaran aktif berbasis masalah dan pemahaman mendalam,
yang dapat mempengaruhi baik pemahaman konsep matematis maupun sikap
siswa terhadap matematika. Pendekatan Realistic Mathematics Education
merupakan pendekatan yang mampu membantu siswa dalam membangun sendiri
konsep konsep yang mereka miliki. Jenis penelitian yang dilakukan adalah
penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian the nonequivalentt Postest
Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas
VIII SMP Negeri 13 Rejang Lebong Tahun Ajaran 2024/2025. Pada penelitian ini
menggunakan teknik Purposive Sampling dengan pertimbangan bahwa kelas yang
dipilih memiliki karakteristik dan kemampuan akademik yang relatif setara
sehingga didapatkan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII D sebagai
kelas kontrol dengan masing-masing kelas ada 30 siswa analisis data dilakukan
dengan uji-z dua sampel independen. Pada uji-z untuk hasil Post-Test kedua kelas
sampel dengan taraf signifikan (α = 0,05) didapat nilai
yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem-
based learning dengan pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP N 13 Rejang
Lebong.
Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep, LKPD, Realistic Mathematcs
Education, Problem-based learning
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:50 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 03:50 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28633 |