DWI, AGUSTINA and Novi, Hendrika Jaya Putra and Ida, Agus Setiawati (2025) PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI ANAK TUNAWICARA DI SLB NEGERI MUSI RAWAS. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Dwi Agustina_D1A021006 - Dwi Agustina.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Peran orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus merupakan hal yang penting dalam
meningkatkan prestasi anak. Pemberian fasilitas untuk menunjang proses belajar,
pemberian motivasi untuk memberikan dukungan kepada anak, serta
pembimbing/pengajar untuk membantu anak jika mengalami kesulitan dalam proses
belajar. Sekolah Luar Biasa menjadi tempat pendidikan khusus bagi anak berkebutuhan
khusus seperti anak tunawicara dalam mengakses pendidikan. Tujuan penelitian ini
untuk menggambarkan peran orang tua yang diterapkan dalam meningkatkan prestasi
anak tunawicara di SLB Negeri Musi Rawas. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif deskriptif dan memilih informan secara purposive sebanyak 6 orang informan
meliputi 1 orang kepala sekolah, 2 orang guru, dan 3 orang tua anak tunawicara berat.
Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan
studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data serta
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua sangat
berperan dalam pencapaian prestasi anak tunawicara melalui tiga peran utama yaitu
sebagai fasilitator, motivator, dan pembimbing. Orang tua menyediakan sarana belajar,
memberikan dukungan emosional dan motivasi, serta terlibat aktif dalam proses
pembelajaran anak di rumah. Dengan keterlibatan orang tua yang optimal, anak
tunawicara dapat menunjukkan prestasi baik secara akademik (meliputi aspek kognitif,
afektif, dan psikomotorik dalam pembelajaran) maupun dalam prestasi non-akademik
(seperti keterampilan sosial, kemandirian, dan kontrol emosi). Penelitian ini
menegaskan pentingnya partisipasi aktif orang tua dalam pendidikan anak
berkebutuhan khusus untuk mendukung perkembangan dan pencapaian mereka secara
maksimal.
Kata kunci : Peran orang tua, Prestasi, Anak Tunawicara
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:50 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 03:50 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28662 |