FoMO MAHASISWA PENGGUNA MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Universitas Bengkulu)

PERMATA SARI, MUTIARA and Yesilia, Osira and Ishak, Fadlurrohim (2025) FoMO MAHASISWA PENGGUNA MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Universitas Bengkulu). Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
SKRIPSI MUTIARA PERMATA SARI CETAK FIX (2) - Bulan Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Fear of Missing Out (FoMO) suatu kondisi psikologis yang ditandai dengan
ketakutan individu akan tertinggal momen, informasi, atau pengalaman sosial
yang sedang terjadi, khususnya di media sosial. Fenomena ini banyak dialami oleh
mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi, di mana tekanan
akademik berpadu dengan paparan informasi sosial yang masif dari
lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami sejauh mana kondisi
FoMO berkembang pada mahasiswa Universitas Bengkulu yang sedang dalam
proses menyelesaikan skripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif dengan teknik pengambilan informan secara purposive sampling
terhadap 15 orang mahasiswa Universitas Bengkulu dari berbagai fakultas. Teknik
pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami FoMO
dalam dua dimensi utama. Pertama, dimensi keterkaitan (relatedness), yang
menunjukkan adanya kebutuhan mahasiswa untuk tetap merasa terhubung secara
sosial. Banyak mahasiswa merasa cemas jika tidak mengetahui perkembangan
teman-teman mereka, terutama dalam hal capaian akademik seperti seminar
proposal, sidang, dan wisuda, sehingga mendorong mereka untuk terus memantau
media sosial. Kedua, dimensi diri sendiri (self), yang terbagi dalam dua aspek:
kompetensi (competence) dan otonomi (autonomy). Pada aspek kompetensi,
mahasiswa merasa tidak percaya diri dan meragukan kemampuan akademiknya
ketika membandingkan diri dengan teman seangkatan yang tampak lebih maju.
Sementara pada aspek otonomi, mahasiswa mengalami kesulitan dalam
mengontrol penggunaan media sosial secara sadar, meskipun mengetahui
dampaknya terhadap konsentrasi dan produktivitas akademik. Dorongan
emosional untuk terus terhubung membuat mereka kesulitan memprioritaskan
tugas akademik. Secara keseluruhan, FoMO memberikan dampak nyata terhadap
kondisi psikologis mahasiswa, terutama dalam bentuk tekanan emosional,
penurunan fokus, dan gangguan dalam proses penyusunan skripsi. Fenomena ini
menegaskan perlunya kesadaran mahasiswa dalam mengelola waktu, informasi
digital, dan membangun ketahanan diri di tengah tantangan sosial akademik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 10 Oct 2025 03:50
Last Modified: 10 Oct 2025 03:50
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28664

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200