Artin, Nazi Hanisa Aperta and Hari, Sumardi and Ringki, Agustinsa (2025) PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA APLIKASI QUIZWHIZZER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NAZI HANISA APERTA ARTIN_A1C021034 - Nazihanisa Aperta Artin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams
Games Tournament (TGT) berbantuan media aplikasi Quizwhizzer terhadap
pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Bengkulu.
Penelitian menggunakan metode eksperimen semu (quasi-experimental design)
dengan desain non-equivalent post-test only control group. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Bengkulu tahun
ajaran 2024/2025. Sampel penelitian terdiri dari kelas X-E sebagai kelas
eksperimen yang terdiri dari 36 siswa dan kelas X-F sebagai kelas kontrol yang
terdiri dari 36 siswa. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep
matematika yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data dalam
penelitian ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-z. Berdasarkan hasil
uji-z, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Teams
Games Tournament berbantuan media aplikasi Quizwhizzer terhadap pemahaman
konsep matematika siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Tahapan
turnamen dan interaksi berbasis permainan dalam model TGT terbukti efektif dalam
meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui peningkatan partisipasi
aktif dan suasana belajar yang menyenangkan.
Kata kunci: Teams Games Tournament, Quizwhizzer, Pemahaman Konsep
Matematika
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 08:36 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 08:36 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28687 |