Febriani, Sinta and Ringki, Agustinsa and Pratiwi, Disha Stanggo (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBENTUK FLIPBOOK BERBASIS RME PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER KELAS X SMA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Sidang_Skripsi-Sinta_Febriani-new lengkap unib - 002 Sinta Febriani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penggunaan bahan ajar yang belum optimal dan kurang mendukung dalam
kemandirian belajar peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan realistik
mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi sistem persamaan
dan pertidaksamaan linier. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini
dilakukan untuk mengembangkan E-Modul berbentuk flipbook berbasis Realistic
Mathematics Education pada materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linier
kelas X SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan
efektif. Penelitian ini menerapkan 4 tahapan dari model 4-D yang terdiri dari empat
tahapan utama yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Instrumen
penelitian ini terdiri dari lembar validitas E-Modul, lembar kepraktisan E-Modul,
dan lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian pengembangan E-Modul berbentuk
flipbook berbasis Realistic Mathematics Education ini memenuhi kategori sangat
valid oleh validator dengan skor rata-rata kevalidan sebesar 0,801 berdasarkan
empat aspek, yaitu materi, konstruksi, bahasa, dan media. E-Modul dinyatakan
sangat praktis dengan skor rata-rata sebesar 84,21% berdasarkan angket penilaian
kepraktisan yang diisi oleh peserta didik. E-Modul dinyatakan efektif dilihat dari
ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal memperoleh 88,24% yang berarti
30 dari 34 memperoleh nilai dengan nilai ≥ 75 sehingga peserta didik berada pada
kategori tuntas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-Modul berbentuk
flipbook berbasis Realistic Mathematics Education dapat menjadi bahan ajar yang
valid, praktis, dan efektif.
Kata kunci: E-Modul, Penelitian Pengembangan, Realistic Mathematics
Education.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 08:36 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 08:36 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28690 |