Rebitri, Mentari and Della, Maulidiya and Edi, Susanto (2025) PENGEMBANGAN E-MOSAIC (E-MODUL BERBASIS STEAM UNTUK PEMECAHAN MASALAH ARITMETIKA SOSIAL) KELAS VII SMP. Other thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI - A1C021021 - MENTARI REBITRI - PENDIDIKAN MATEMATIKA - 021 Mentari Rebitri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-MOSAIC yang valid, praktis, dan
efektif untuk menunjang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada
materi aritmetika sosial kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan metode
Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang
terdiri dari lima tahap, yaitu analysis, design, development, implementation, dan
evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 5 Kota
Bengkulu. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi, angket kepraktisan,
dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) E-MOSAIC dinyatakan valid berdasarkan penilaian ahli terhadap aspek
isi, penyajian, bahasa, dan media serta dinyatakan valid melalui keterbacaan oleh
siswa; (2) kepraktisan E-MOSAIC termasuk dalam kategori sangat praktis dengan
skor rata-rata 93,37% berdasarkan tanggapan siswa dan 95% berdasarkan
tanggapan guru; dan (3) efektivitas E-MOSAIC ditunjukkan melalui hasil tes
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan nilai rata-rata 88,73 dan
81,82% siswa mencapai ketuntasan (nilai ≥ 77 KKM sekolah), sehingga memenuhi
kriteria ketuntasan klasikal. Dengan demikian, E-MOSAIC ini layak digunakan
sebagai bahan ajar untuk menunjang kemampuan pemecahan masalah siswa.
Kata Kunci: E-modul, STEAM, Aritmetika Sosial, Pemecahan Masalah
Matematis.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 10 Oct 2025 08:36 |
| Last Modified: | 10 Oct 2025 08:36 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28691 |

