PENGEMBANGAN EMORANSTRI (E-MODUL TRANSFORMASI GEOMETRI ) DENGAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA

Adelina, Tria and Nurul, Astuty Yensy and Pratiwi, Disha Stanggo (2025) PENGEMBANGAN EMORANSTRI (E-MODUL TRANSFORMASI GEOMETRI ) DENGAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI _TRIA ADELINA_A1C021053 - 053 Tria Adelina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Pengembangan Emoranstri dengan Project Based Learning (PjBL) dilatarbelakangi
oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dan
kurang optimalnya penggunaan bahan ajar dalam proses pembelajaran. Penelitian
ini bertujuan untuk mengembangkan Emoranstri dengan PjBL untuk meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XI SMA yang memenuhi
valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian desain (development
studies) yang meliputi tahap preliminary phase, prototyping phase dan assessment
phase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Emoranstri: (1) valid
berdasarkan aspek materi (kompetensi, indikator, materi pembelajaran, dan tahapan
PjBL), aspek konstruksi (tampilan, langkah-langkah sistematis, dan ilustrasi), serta
aspek bahasa (penggunaan huruf, bahasa, dan tanda baca), dan media (interface,
navigation dan robustness). (2) praktis ditunjukkan melalui hasil penilaian peserta
didik terhadap USE Questionnaire yang mencakup kegunaan, kemudahan
penggunaan, kemudahan belajar, dan kepuasan dengan kriteria sangat praktis. (3)
efektivitas Emoranstri terlihat dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah, di
mana 81,82% peserta didik mencapai nilai ≥ 80. Hasil uji-t menunjukkan Sig. (2-
tailed) sebesar 0,001 < 0,05 dan t-hitung 4,58 > t-tabel 2,03, sehingga H₀ ditolak
dan H₁ diterima. Artinya, Emoranstri dengan Project Based Learning ini efektif
terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah.
Kata Kunci: E-Modul, Project Based Learning, Transformasi Geometri,
Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Oct 2025 08:36
Last Modified: 10 Oct 2025 08:36
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28692

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200