PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP MATERI STATISTIKA

Febrianti, Elvina and Nurul, Astuty Yensy and Elwan, Stiadi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP MATERI STATISTIKA. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI LARAS DALENA_A1C021042 - Laras Dalena.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

emahaman konsep matematika siswa SMP masih tergolong rendah, khususnya pada
materi statistika. Kondisi ini menunjukkan perlunya inovasi dalam pembelajaran, salah
satunya melalui pemanfaatan teknologi. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media
pembelajaran berbasis android untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP
materi statistika yang memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini
adalah penelitian dan pengembangan yang menerapkan model pengembangan ADDIE
meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Instrumen
penelitian ini terdiri dari lembar validitas, lembar keterbacaan, lembar kepraktisan, dan
soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Validasi produk dilakukan oleh dua
validator untuk media dan tiga validator untuk butir soal. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk meningkatkan
pemahaman konsep siswa SMP materi statistika termasuk dalam kategori: (1) valid
berdasarkan aspek materi (capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, rumus dan
simbol), kontruksi (memuat judul dan tampilan jelas) dan bahasa (huruf yang jelas dan
mudah dibaca) dengan rata-rata skor 0,88 berada pada kategori validitas tinggi. (2) Sangat
praktis dari empat aspek penilaian use questionnaire (kegunaan, kemudahan penggunaan,
kemudahan belajar, kepuasan pengguna) dengan rata-rata skor 91,85%. (3) Efektif dari
hasil ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal yaitu 88% memperoleh nilai ≥ 75
dan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan N-Gain sebesar
0,71.
Kata Kunci : Media Android, Statistika, Pemahaman Konsep, Penelitian
Pengembangan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Oct 2025 08:36
Last Modified: 10 Oct 2025 08:36
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28700

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200