Dalena, Laras and Ringki, Agustinsa and Edi, Susanto (2025) PENGEMBANGAN SOAL AKM NUMERASI KONTEKS BENGKULU UNTUK SISWA SMA NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI MAMAY - 036 Mamay Nurma Lukminta.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan soal AKM numerasi konteks Bengkulu untuk
siswa SMA negeri 5 Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria valid, memiliki
kualitas yang baik dan berdampak potensial terhadap pemahaman numerasi siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan
menggunakan model pengembangan Tessmer meliputi tahap preliminary dan
formative evaluation. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar validitas ahli,
lembar keterbacaan, lembar angket kemudahan penggunaan, soal tes AKM
numerasi, dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pengembangan soal AKM numerasi konteks Bengkulu termasuk dalam kategori:
(1) soal terbukti valid pada aspek isi, konstruksi, dan bahasa. Keterbacaan dan
kemudahan penggunaan soal juga menunjukkan hasil yang baik setelah dilakukan
penyesuaian berdasarkan masukan siswa; (2) soal memiliki kualitas yang terbukti
dengan hasil validitas empiris terdapat 31 soal kategori cukup baik dan 5 soal
kategori baik, reliabilitas soal tipe objektif sangat baik dan soal tipe subjektif baik,
daya pembeda terdapat 16 soal kategori cukup dan 20 soal kategori baik, tingkat
kesukaran diperoleh 13 soal mudah dan 23 soal sedang; dan (3) soal memiliki
dampak potensial dengan rata-rata jawaban angket respon siswa sebesar 86% yang
menunjukkan bahwa hampir seluruh siswa merasakan dampak potensial soal.
Dengan demikian, soal AKM numerasi konteks Bengkulu ini valid, memiliki
kualitas baik dan memiliki dampak potensial terhadap siswa.
Kata Kunci: Konteks Bengkulu, Soal AKM Numerasi, Penelitian dan
Pengembangan (R&D)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 08:36 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 08:36 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28701 |