Angraeni, Melly and Dewi, Rahimah and ratnah, Lestary (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERORINTASI PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI THESSY DESTARI - thessy des.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Bahan ajar yang digunakan saat ini belum optimal dalam mendukung kemampuan
pemecahan masalah peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based
Learning (PBL) dengan pendekatan kontekstual yang berorientasi pada
kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMP. Penelitian
dilakukan di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu pada semester genap tahun ajaran
2024/2025 menggunakan metode development studies dengan model
pengembangan Tessmer, meliputi tahap preliminary dan formative evaluation.
Hasil analisis awal menunjukkan perlunya peningkatan kemampuan pemecahan
masalah pada materi kesebangunan. LKPD dinyatakan valid setelah melalui tahap
expert review (aspek materi, konstruksi, dan bahasa) serta perbaikan keterbacaan
pada tahap one-to-one. Pada tahap small group, LKPD dinyatakan praktis
berdasarkan uji coba kepada peserta didik dengan kemampuan tinggi, sedang, dan
rendah. Hasil field test menunjukkan LKPD efektif dengan rata-rata N-gain sebesar
0,67 (kategori sedang), dari nilai rata-rata pretest 32,60 menjadi 72,32 pada
posttest. Ketuntasan belajar klasikal mencapai 83%, melebihi batas minimal 75%.
Kata Kunci : LKPD, Problem Based Learning, Kontekstual, Kemampuan
Pemecahan Masalah, Kesebangunan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 08:36 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 08:36 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28707 |