PENGEMBANGAN SOAL PENGAYAAN BERBASIS MEDIA AUGMENTED REALITY DENGAN MODEL ARCS UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI SMA

Salim, Ovalia Fransiska and Della, Maulidiya and Hanifah, Hanifah (2025) PENGEMBANGAN SOAL PENGAYAAN BERBASIS MEDIA AUGMENTED REALITY DENGAN MODEL ARCS UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI SMA. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI_A1C021044_SELLINA ANJULISA_compressed - Sellina A.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Belum optimalnya pemberian pengayaan pada peserta didik dengan kemampuan di
atas rata-rata. Penelitian ini bertujuan menghasilkan soal pengayaan berbasis media
augmented reality dengan model ARCS untuk kemampuan berpikir kritis pada
materi perbandingan trigonometri SMA yang memenuhi kriteria valid, memiliki
butir soal yang layak, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan yang menerapkan model pengembangan ADDIE meliputi tahap
analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Instrumen
penelitian ini terdiri dari lembar validitas, lembar keterbacaan, lembar kepraktisan,
dan soal tes kemampuan berpikir kritis matematis. Validitas produk dilakukan oleh
dua validator untuk butir soal dan satu validator untuk media. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa pengembangan soal pengayaan berbasis media AR dengan
model ARCS termasuk dalam kategori: (1) Soal pengayaan berbasis media AR
dinyatakan valid pada aspek materi, konstruksi, bahasa dan media setelah
melakukan perbaikan pada aspek materi, konstruksi, bahasa, attention, dan
confidance; (2) Soal pengayaan berbasis media AR memiliki butir soal yang layak
di mana 12 soal dinyatakan valid dengan reliabilitas sangat tinggi, indeks kesukaran
diperoleh tiga soal mudah, delapan soal sedang, dan satu soal sukar, daya pembeda
terdapat tiga soal kategori baik dan sembilan soal kategori sedang, serta pengecoh
yang berfungi dengan baik karena dipilih lebih dari 2% peserta tes, dan; (3) Soal
pengayaan berbasis media AR dinyatakan sangat praktis berdasarkan empat aspek
penilaian use questinnaire dengan rata-rata skor 85%.
Kata kunci : Augmented Reality, Kelayakan Butir Soal, Model ARCS,
Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Oct 2025 08:36
Last Modified: 10 Oct 2025 08:36
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28709

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor