ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI PERSAMAAN LINGKARAN

Mardhatillah, Aqiela and Ringki, Agustinsa and Elwan, Stiadi (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI PERSAMAAN LINGKARAN. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI_EGGY ANGGRAINI - 035 Eggy Anggraini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)

Abstract

Penalaran matematis merupakan salah satu kemampuan penting dalam
pembelajaran matematika, namun banyak siswa yang masih kesulitan dalam
mengembangkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan
penalaran matematis yang dimiliki oleh siswa berdasarkan tingkat kemampuan
pemahaman konsepnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif
dengan subjek sebanyak 34 siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Bengkulu pada
semester genap tahun ajaran 2023/2024. Pengumpulan data dilakukan melalui tes
penalaran matematis, tes pemahaman konsep, dan wawancara. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa cenderung selaras
dengan tingkat pemahaman konsep yang mereka miliki. Siswa dengan
kemampuan pemahaman konsep tinggi mampu memenuhi hampir seluruh
indikator kemampuan penalaran matematis, kecuali indikator menemukan pola
atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi. Sementara itu, siswa
dengan kemapuan pemahaman konsep sedang dapat mengajukan dugaan dan
melakukan manipulasi matematika, namun sering mengalami kesalahan dalam
perhitungan. Siswa dengan kemampuan pemahamann konsep rendah cenderung
hanya mampu mengajukan dugaan berdasarkan pengamatan awal, namun
kesulitan melanjutkan proses penalaran, seperti manipulasi matematika,
pemberian bukti, hingga menarik kesimpulan, dan menemukan pola.
Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Kemampuan Pemahaman
Konsep, Soal HOTS (Higher-Order Thinking Skills)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Oct 2025 08:37
Last Modified: 10 Oct 2025 08:37
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28713

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200