ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI BENTUK ALJABAR MENGGUNAKAN THREE-TIER TEST DI KELAS VII SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU

Anggraini, Eggy and Agus, Susanta and Dewi, Rahimah (2025) ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI BENTUK ALJABAR MENGGUNAKAN THREE-TIER TEST DI KELAS VII SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI_MELANI RISKA FADILLAH PRINT_compressed - MELANI RISKA FADILLAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis miskonsepsi serta faktor-
faktor penyebab yang dialami peserta didik dalam memahami materi bentuk aljabar.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan
data dilakukan menggunakan tes diagnostik Three-Tier Test dan wawancara.
Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 7.3 SMP Negeri 18 Kota Bengkulu
tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 30 orang. Data dianalisis dengan tiga tahapan
berdasarkan model Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) jenis-jenis
miskonsepsi yang dialami peserta didik terdiri miskonsepsi false positive sebesar
7,3%, miskonsepsi false negative sebesar 17,5%, dan miskonsepsi murni sebesar
12,4%. (2) Faktor penyebab miskonsepsi false positive, false negative, dan murni
dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman konsep, prakonsepsi yang
keliru, kurangnya ketelitian atau kecerobohan dalam mengerjakan soal, kesalahan
dalam penerapan aturan operasi aljabar, kesulitan dalam mengubah soal cerita
menjadi bentuk aljabar, kurangnya motivasi dan minat belajar, kurangnya latihan
soal, belum maksimalnya penerapan metode pembelajaran, belum tersedianya alat
peraga, serta guru yang lebih banyak menggunakan metode ceramah.
Kata Kunci : Miskonsepsi, Bentuk Aljabar, Three-Tier Test

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Oct 2025 08:37
Last Modified: 10 Oct 2025 08:37
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28714

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200