PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Dewi, Rahayu Comala and Ringki, Agustinsa and Pratiwi, Disha Stanggo (2025) PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI_REVISI_DHEA AFVADILA_A1C021026__compressed - 026 Dhea Afvadila.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis penting dimiliki peserta didik karena
mendukung pemahaman materi, pembelajaran lintas bidang, dan penerapan dalam
kehidupan sehari-hari. Peserta didik masih mengalami kesulitan dalam
memecahkan masalah, khususnya pada materi sistem persamaan linear tiga
variabel, seperti mengidentifikasi informasi soal, membentuk model matematika,
menerapkan metode penyelesaian, hingga melakukan perhitungan secara tepat.
Model pembelajaran Numbered Head Together merupakan salah satu model
pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan interaksi antara guru dan
peserta didik sehingga dapat memaksimalkan penyerapan materi. Penggunaan
lembar kerja peserta didik (LKPD) dalam proses pembelajaran juga dapat
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik sebagai
panduan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan LKPD
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasy Experiment Research).
Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel
pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X2 dipilih sebagai kelas
eksperimen dan kelas X7 dipilih sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil
pengujian hipotesis kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan uji-
z menunjukkan bahwa nilai �ℎ����� = 6,63 > ������ = 1,96, dengan perolehan
nilai N-Gain sebesar 0,56 yang termasuk dalam kategori sedang. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Numbered Head
Together berbantuan LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis
peserta didik.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Lembar Kerja Peserta
Didik, Numbered Head Together.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Oct 2025 08:37
Last Modified: 10 Oct 2025 08:37
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28716

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200