PENGEMBANGAN POWERPOINT INTERAKTIF MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI CLASSPOINT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Nurhaliza, Wafiq and Hanifah, Hanifah and Ratnah, Lestary (2025) PENGEMBANGAN POWERPOINT INTERAKTIF MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI CLASSPOINT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Skripsi_Wafiq Nurhaliza_A1C021019_ - Wafiq Nurhaliza.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep materi lingkaran peserta didik kelas VIII SMPN
1 Kota Bengkulu dikategorikan rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya
penggunaan media ajar serta metode ceramah yang digunakan oleh guru dalam
proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
media pembelajaran berupa PowerPoint interaktif model Problem Based Learning
menggunakan aplikasi ClassPoint yang valid, praktis, dan efektif untuk
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep materi lingkaran pada siswa kelas
VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah design research tipe development studies yang
terdiri dari tahap preliminary research dan formative evaluation. Instrumen
penelitian meliputi lembar validasi, kepraktisan, serta tes kemampuan pemahaman
konsep. Validasi dilakukan oleh tiga validator. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa PowerPoint yang dikembangkan termasuk dalam kategori: (1) valid dengan
skor rata-rata 3,79 pada aspek isi, konstruksi, bahasa, dan media; (2) sangat praktis
dengan skor rata-rata 89% berdasarkan tanggapan guru dan peserta didik; dan (3)
efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika, dibuktikan dengan
nilai rata-rata peserta didik mencapai 84 dan ketuntasan klasikal mencapai 88%.
Dengan demikian, PowerPoint interaktif model Problem Based Learning
menggunakan aplikasi ClassPoint ini layak digunakan sebagai media pembelajaran
pada materi lingkaran.
Kata Kunci: PowerPoint Interaktif, Problem Based Learning, ClassPoint,
Pemahaman Konsep, Lingkaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Oct 2025 08:37
Last Modified: 10 Oct 2025 08:37
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28718

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor