PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP KELAS VIII

Rahmadayati, Zetri and Nurul, Astuty Yensy and Pratiwi, Disha Stanggo (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP KELAS VIII. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Skripsi_Zetri Rahmadayati - Zetri Rahmadayati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk LKPD. Latar belakang dalam
penelitian adalah kurang optimalnya penggunaan bahan ajar dalam proses
pembelajaran. Pada proses pembelajarannya belum memfasilitasi proses
kemampuan pemecahan masalah. Oleh karena itu di kembangkan lembar kerja
peserta didik berbasis realistic mathematic education untuk meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah materi statistika kelas VIII SMP Negeri 12 Kota
Bengkulu yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian
desain (Development studies) dengan menggunakan model pengembangan tipe
formative research yang terdiri dari 2 tahapan utama yaitu: tahapan preliminary
dan formative evaluation. Pada tahap formative evaluation meliputi self
evaluation, prototyping (expert review, one-to-one dan small group) serta field
test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis realistic mathematic
education dinyatakan valid berdasarkan aspek materi, konstruk dan bahasa, LKPD
ini dikatakan sangat praktis dengan skor rata-rata 95%, LKPD memenuhi kriteria
efektif berdasarkan hasil ketuntasan klasikal belajar, yaitu 86% siswa mencapai
nilai ≥ 75, perhitungan uji T didapatkan bahwa bahwa nilai signifikansi sebesar
0,01, dimana nilai ��� < 0,05, maka H0 ditolak. Hal ini berarti adanya pengaruh
yang signifikan antara pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan LKPD dan
didapatkan nilai N-Gain yaitu 0,71 dengan kriteria efektif. Hasil penelitian ini
menujukkan bahwa LKPD berbasis realistic mathematic education menjadi bahan
ajar yang valid, praktis, dan efektif untuk kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Statistika, LKPD, Realistic
Mathematic Education

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Oct 2025 08:37
Last Modified: 10 Oct 2025 08:37
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28719

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor