Kurniawan, Redo and Hari, Sumardi and ratnah, Lestary (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI. Other thesis, Universitas Bengkulu.
Skripsiii Edho Cetak Syarat - 045 Redo Kurniawan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih menjadi
permasalahan dalam pembelajaran matematika. Hal ini karena kurangnya
penerapan bahan ajar model pembelajaran untuk melatih kemampuan pemecahan
masalah siswa, salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematis adalah melalui LKPD berbasis Problem-based learning.
Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD berbasis Problem-based learning
untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada
materi relasi dan fungsi memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian
ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu
Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen
penelitian ini terdiri dari lembar validasi, lembar kepraktisan, dan tes kemampuan
pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menghasilkan Lembar Kerja Peserta
Didik berbasis Problem-based learning untuk meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi relasi dan fungsi yang
memenuhi kriteria memenuhi kriteria: 1) sangat valid berdasarkan 29 pernyataan
penilaian yang terdiri dari 12 pernyataan penilaian isi, 10 pernyataan penilaian
konstruk, 7 pernyataan penilaian bahasa dengan mendapatkan hasil rata-rata pada
kategori sangat valid; 2) sangat praktis berdasarkan 11 pernyataan penilaian
dengan kecenderungan sangat setuju dengan hasil kepraktisan peserta didik
kategori sangat praktis; 3) Efektif berdasarkan ketuntasan belajar klasikal yaitu
82,86% peserta didik yang tuntas memperoleh nilai ≥75, hasil perhitungan N-Gain
kemampuan pemecahan masalah dengan rata rata N-Gain 0,80 berada pada
kategori tinggi, dan berdasarkan hasil rata-rata postest peserta didik yaitu
memperoleh nilai 82,51, didapatlah hasil penguasaan kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa yaitu berada pada kategori sangat baik.
Kata Kunci: ADDIE, Lembar Kerja Peserta Didik, Pemecahan Masalah
Problem-based learning, Relasi dan Fungsi
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 10 Oct 2025 08:37 |
| Last Modified: | 10 Oct 2025 08:37 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28721 |

