Rahmi, Fadillatul (2025) PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B DI PAUD KECAMATAN IPUH KABUPATEN MUKOMUKO. Other thesis, Universitas Bengkulu.
FADILLATUL RAHMI_A1I021051 - Fadillatul Rahmi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Pembelajaran berhitung merupakan bagian penting dari stimulasi kognitif
pada anak usia dini (PAUD). Namun, terdapat beberapa anak yang mengalami
kesulitan dalam memahami konsep berhitung. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui Peran guru dalam pembelajaran berhitung anak kelompok B di PAUD
Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko. Populasi dan sampel dalam penelitian ini
adalah guru di PAUD Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko dengan jumlah
populasi 64 orang guru dan sampel 30 orang guru. Variabel dalam penelitian ini
adalah peran guru dalam pembelajaran berhitung. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam pembelajaran berhitung anak
kelompok B di PAUD Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko berada dalam kategori
baik. Guru bertugas menstimulasi kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun dengan
berbagai metode pembelajaran yang kreatif dan sesuai dengan perkembangan anak.
Saran dari penelitian ini, guru diharapkan terus meningkatkan peran sebagai
fasilitator dan motivator, serta mewujudkan kerja sama dengan orang tua dan
lingkungan sekitar untuk mendukung pembelajaran berhitung anak. Peneliti
selanjutnya disarankan untuk meneliti lebih lanjut mengenai strategi peningkatan
hasil belajar anak dengan memperhatikan faktor lingkungan belajar.
Kata kunci : Peran Guru, Pembelajaran Membaca, Anak Kelompok B
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 10 Oct 2025 09:12 |
| Last Modified: | 10 Oct 2025 09:12 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28789 |

