PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KERUPUK IKAN SLENGEK PADA UMKM UNI JN DI KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Nainggolan, Caroline Grace and Reswita, Reswita and Nola, Windirah (2024) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KERUPUK IKAN SLENGEK PADA UMKM UNI JN DI KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
skripsi caroline - caroline grace.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Peranan UMKM sangat penting bagi perekonomian. Menciptakan lapangan
kerja,pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kemiskinan. UMKM mampu bersaing dan
bertahan karena menerapkan pengelolaan manajemen dengan baik. Bauran pemasaran 4P dan
7P adalah konsep dalam pemasaran yang berbeda dalam hal elemen-elemen yangdifokuskan.
Perbedaan ini terutama disesuaikan dengan jenis bisnis dan strategi pemasaran yang ingin
dijalankan, baik untuk barang fisik maupun jasa. Keputusan pembelian adalah tahap
konsumen dalam memutuskan niat untuk membeli produk yang di sukai, lalu keputusan
konsumen untuk memodifikasi, menunda, atau menghindar sangat di pengaruhi resiko
pembelian yang di rasakan.
UMKM Uni JN selengek crispy berlokasi di Jl. Sungai Hitam RT 012 RW 023 Pasar
Pedati Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Ibu Juniati bersama 2
karyawan nya membuat kerupuk slengek dengan berbahan baku utama ikan slengek. UMKM
Uni JN merupakan satu satunya UMKM yang ada di Provinsi Bengkulu yang mengolah ikan
Slengek menjadi olahan kerupuk ikan yang bernilai ekonomis.
Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive sampling dan sensus.
Dengan analisis data yang digunakan pendekatan Structual Equation Modelling (SEM) dan
pendekatan Partial Least Square (PLS). 43 responden dengan metode: 1)menganalisis bauran
pemasaran di analisis secara deskriptif lalu dioalah dan disajikan dalam bentuk uraian.
penelitian ini menggunakan skala likert dengan menggunakan angket. 2)menganalisis
keputusan pembelian di analisis secara deskriptif lalu dioalah dan disajikan dalam bentuk
uraian. penelitian ini menggunakan skala likert dengan menggunakan angket 3)menganalisis
pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian kerupuk ikan slengek
menggunakan SEM PLS. kesimpulan adalah bauran pemasaran yaitu produk baik, harga baik,
people baik, promosi cukup baik dan keputusan pembelian baik. 4 variabel yang di analisis
menggunakan sem pls variabel yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian kerupuk
ikan slengek adalah produk, people dan promosi sedangkan variabel harga tidak berpengaruh
terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci : UMKM Uni JN, Bauran pemasaran , Keputusan Pembelian, SEM-PLS
(Program Studi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian,
Universitas Bengkulu)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 10 Oct 2025 09:05
Last Modified: 10 Oct 2025 09:05
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28805

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor