SISTEM ZONASI SEKOLAH DENGAN METODE VORONOI DIAGRAM DAN DELAUNAY TRIANGULATION BERBASIS WEBGIS (STUDI KASUS: KOTA BENGKULU)

Saputri, Rohmania and Vatresia, Arie and Utama, Ferzha Putra (2020) SISTEM ZONASI SEKOLAH DENGAN METODE VORONOI DIAGRAM DAN DELAUNAY TRIANGULATION BERBASIS WEBGIS (STUDI KASUS: KOTA BENGKULU). Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Skripsi_Rohmania Saputri_G1A016016.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Sistem zonasi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk terus meningkatkan
kualitas layanan pendidikan, akan tetapi pada pelaksanaanya masih dianggap
kurang baik. Melihat dari masalah tersebut, solusi yang dibutuhkan untuk
pemetaan zonasi masing-masing sekolah sehingga didapatkan batas zonasi yang
jelas. Sebuah aplikasi yang dapat memetakan sekolah-sekolah pada suatu wilayah
dengan jelas berdasarkan tempat tinggal untuk calon siswa merupakan solusi yang
bisa dipertimbangkan pada saat ini. Penulis melakukan penelitian dengan studi
kasius di kota Bengkulu yang bertujuan Menentukan zonasi sekolah berdasarkan
tempat tinggal untuk calon siswa sekolah Menengah Pertama (SMP) dan
Menengah Atas (SMA) Negeri berdasarkan penerapan hasil zonasi metode
Voronoi Diagram dan Delaunay Triangulation berbasis webgis dan Menunjukkan
hasil analisis zonasi yang telah terbentuk dibandingkan dengan sistem yang sudah
ada. Dalam pengerjaannya penulis membangun suatu zonasi pada peta dengan
batas tiap zonasi yang dibangun ditentukan menggunakan Voronoi diagram. hasil
dari penelitian ini berhasil mengimplementasikan sistem zonasi dengan
menghasilkan kecocokan antara data siswa dengan Voronoi diagram dan sistem
zonasi yang ada. Dengan nilai hasil dengan pencocokan pada data siswa/i yang
terdiri dari berbeda kelurahan yakni Sekolah Menengah pertama sebesar 72% dan
Sekolah Menengah Atas 65%. Sedangkan data siswa/i yang terdiri dari alamat
siswa/i berdasarkan Longtitude dan Latitude yakni Sekolah Menengah Pertama
55% dan Sekolah Menengah Atas 60%. Pada hasil ketidak cocokan merupakan
analisa kesenjangan nilai yang disarankan dikarenakan faktor kecendrungan dan
kapasitas.
Kata Kunci: Zonasi, Voronoi Diagram, webgis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 13 Oct 2025 01:11
Last Modified: 13 Oct 2025 01:11
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28849

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor