ANALISIS EFEKTIVITAS PLATFORM INSTAGRAM JAMU KITO SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI KOTA BENGKULU

Gultom, Martha Diarni and Ridha, Rizki Novanda and Nola, Windirah (2024) ANALISIS EFEKTIVITAS PLATFORM INSTAGRAM JAMU KITO SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Skripsi Untuk Universitas_Martha - Martha Diarni Gultom.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Era digital saat ini, promosi menjadi salah satu cara utama untuk memasarkan
produk. Pengembangan produk herbal berbasis hasil pertanian yang telah diolah perlu
dipromosikan melalui berbagai platform media sosial, salah satunya Instagram. Promosi
adalah langkah strategis yang bertujuan memperkenalkan produk kepada khalayak luas
dan mengajak masyarakat untuk menggunakannya. Platform media sosial tidak hanya
berfungsi sebagai saluran untuk menyalurkan minat konsumen, tetapi juga sebagai alat
yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung dan mempermudah kegiatan bisnis.
Penelitian berfokus pada platform Instagram Jamu Kito, yang menjual produk
herbal berbasis pertanian. Tujuan dari penelitian yaitu menganalisis efektivitas media
promosi Jamu Kito pada platform Instagram dan menganalisis dimensi EPIC Model
yang paling dominan terhadap efektivitas platform Instagram sebagai media promosi.
Penelitian dilakukan kepada 97 followers Instagram Jamu Kito, dimana metode
penentuan sampel menggunakan rumus slovin. Populasi responden terdiri dari seluruh
jumlah followers Instagram Jamu Kito. Metode analisis yang digunakan yaitu Model
EPIC untuk mengukur tingkat efektivitas platform Instagram Jamu Kito sebagai media
promosi dan analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis dimensi EPIC Model
manakah yang paling dominan terhadap efektivitas platform Instagram sebagai media
promosi.
Hasil analisis menunjukkaan bahwa efektivitas platform Instagram Jamu Kito
menggunakan EPIC Model pada dimensi Empathy diperoleh skor total rata-rata 3,87,
dengan menempati rentang penilaian skala efektif. Pada dimensi Persuasion diperoleh
skor rata-rata 4,00, skor Persuasion menempati rentang penilaian skala efektif. Pada
dimensi Impact berada pada rentang skala efektif dengan nilai yang diperoleh 4,03,
dimensi ini juga nilai yang paling dominan dari semua nilai dimensi lainnya. Pada
dimensi Communication, skor rata-rata yang diperoleh adalah 4,01, yang menunjukkan
bahwa skor tersebut berada dalam rentang skala penilaian yang efektif. Berdasarkan
hasil perhitungan total rata-rata semua dimensi, diperoleh nilai EPIC Rate sebesar 3,97
yang berarti bahwa platform Instagram Jamu Kito termasuk dalam kategori efektif.
Berdasarkan grafik EPIC Rate, dapat diketahui bahwa dimensi yang memiliki kekuatan
dan kelemahan adalah dimensi Impact dan Empathy.
Kata kunci: Efektivitas, Platform Instagram, Media Promosi, Model EPIC.
(Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian,
Universitas Bengkulu).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 13 Oct 2025 01:17
Last Modified: 13 Oct 2025 01:17
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28852

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor