EFEKTIVITAS PELAYANAN PROGRAM BPJS KESEHATAN PENERIMA BANTUAN IURAN (PBI) DI PUSKESMAS PALAK BENGKERUNG KABUPATEN BENGKULU SELATAN

SARI, WIKE DWITA and Jatmiko, Yogopriyatno and Abdul, Aziz Zulhakim (2024) EFEKTIVITAS PELAYANAN PROGRAM BPJS KESEHATAN PENERIMA BANTUAN IURAN (PBI) DI PUSKESMAS PALAK BENGKERUNG KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
SKRIPSI WIKE DWITA SARI CETAK - Wike Dwita Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelayanan program
BPJS Kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang dilakukan di Puskesmas
Palak Bengkerung Kabupaten Bengkulu Selatan. Metode penelitian yang
digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan
metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Aspek penelitian ini di adopsi
dari Edy Sutrisno yaitu Pemahaman Program, Tepat Sasaran, Tepat Waktu,
Tercapainya Tujuan, dan Perubahan Nyata. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa pelayanan program BPJS PBI di Puskesmas Palak Bengkerung
belumberjalan efektif. Pada aspek pemahaman program dapat dikatakan
berjalan cukup efektif. Aspek tepat sasaran berjalan efektif peserta yang
menerima program merupakan dari kalangan kurang mampu dan miskin. Aspek
tepat waktu dapat dikatakan belum efektif dikarenakan masih terdapat petugas
yang terlambat, petugas tidak ada di tempat pada jam operasional, dan
kurangnya respon petugas kepada peserta BPJS PBI. Aspek tercapainya tujuan
telah berjalan efektif karena telah memberikan pelayanan medis yang layak dan
pengobatan secara gratis. Aspek perubahan nyata belum efektif karena masih
terdapat respon peserta yang belum puas terhadap pelayanan baik itu pelayanan
adminitrasi, ketersedian obat, dan kurang ramahnya staff administrasi. Adapun
rekomendasi untuk Puskesmas Palak Bengkerung agar meningkatkan
sosialisasi terkait rujukan, berkerja sama dengan Dinas sosial dan pemerintahan
desa terkait pendataan masyarakat yang belum menerima program, perlu
pengawasan internal dan evaluasi rutin terkait kedisipilinan waktu, pemantauan
persediaan obat secara berkala, serta pelatihan layanan prima dan komunikasi
yang baik kepada seluruh petugas terutama bagian administrasi.
Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan, BPJS Kesehatan Penerima Bantuan
Iuran, Puskesmas Palak Bengkerung

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 13 Oct 2025 04:44
Last Modified: 13 Oct 2025 04:44
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28872

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200