Sundari, Sundari and Nina, Kurniah and Nesna, Agustriana (2025) PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN PADANG GUCI HULU KABUPATEN KAUR. Other thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI SUNDARI PGPAUD finall docx - Sundari Sundari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (10MB)
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan aspek penting dalam perkembangan
kognitif anak usia dini. Namun, masih banyak anak usia 4–5 tahun yang belum
mampu mengembangkan keterampilan ini secara optimal. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh media puzzle terhadap kemampuan pemecahan
masalah anak usia 4–5 tahun di TK Negeri Pembina Kecamatan Padang Guci
Hulu. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain
Nonequivalent Control Group. Sampel terdiri dari 20 anak, dibagi dalam
kelompok eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan melalui tes dan dianalisis
menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang belajar
menggunakan media puzzle memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih
baik secara signifikan dibanding kelompok kontrol. Simpulan dari penelitian ini
adalah media puzzle efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
anak usia dini. Disarankan kepada guru untuk memanfaatkan media konkret yang
menarik dalam proses belajar, dan kepada peneliti selanjutnya untuk memperluas
cakupan dan sampel penelitian.
Kata Kunci: Puzzle, Kemampuan Pemecahan Masalah, Anak Usia Dini
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 13 Oct 2025 04:45 |
| Last Modified: | 13 Oct 2025 04:45 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28939 |

