Trie, Helaria Karunia and Mona, Ardina and Septi, Fitriana (2025) STRATEGI GURU DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI KARAKTER TARAKANITA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK SINT CAROLUS BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi-HELARIA KARUNIA TRIE - Helaria Karunia Trie.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Nilai-nilai karakter Tarakanita, yang berakar pada pembelajaran, pembiasaan, dan
keteladanan, diyakini memiliki peran penting dalam pembentukan fondasi moral
dan sosial anak sejak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi
guru dalam menerapkan nilai karakter Tarakanita pada anak usia 4 sampai 5 tahun
di TK Sint Carolus Bengkulu. Informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah
dan 2 orang guru kelas A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan
Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Sint Carolus secara
sistematis mengembangkan nilai-nilai karakter Tarakanita (Cc5+) melalui tiga
strategi utama yaitu, pembelajaran melalui integrasi Pendidikan Karakter
Tarakanita, bahasa asing, pembelajaran berbasis pengalaman, dan teknologi,
pembiasaan melalui membiasakan perilaku baik seperti antre dan merawat
lingkungan, serta diperkuat oleh keteladanan konsisten dari guru dan orang tua
sebagai fondasi pembentukan karakter anak. Strategi guru di TK Sint Carolus
dalam menggunakan pembelajaran berbasis pengalaman yang menekankan pada
siklus refleksi dan sharing. Guru TK Sint Carolus Bengkulu disarankan untuk
berkomunikasi rutin dengan orang tua demi menyelaraskan strategi pembentukan
karakter anak, sekaligus merefleksikan dan mengevaluasi metode pengajaran
secara berkelanjutan melalui diskusi, observasi.
Kata kunci : Strategi Guru, Nilai Karakter Tarakanita, Anak Usia 4-5 Tahun
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 04:45 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 04:45 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28951 |