Saragih, Kronika and Suratman, Suratman and Yorry, Handayani (2025) EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI REKAM MEDIK TERHADAP PASIEN PENGGUNA BPJS KESEHATAN DI RSUD HARAPAN DAN DOA KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI kronika saragih - kronika saragih.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Efektivitas pelayanan merupakan pengukuran tercapainya sasaran dan tujuan yang
telah ditentukan sebelumnya. Pelayanan yang efektif merupakan hal yang penting
untuk pelaksanaan pelayanan yang sesuai dengan peraturan dan harapan pengguna
layanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, memperoleh data dan
mendeskripsikan tentang Efektivitas Pelayanan Administrasi Rekam Medik Pasien
Pengguna BPJS Kesehatan Di RSUD Harapan Dan Doa Kota Bengkulu. Penelitian
ini menggunakan teori Indikator Efektivitas menurut Borril CS et All yang
dikaitkan dengan Surat keputusan direktur rumah sakit harapan dan doa kota
bengkulu Nomor:445/82.1/RSUDHD/IV/2019 Tentang Revisi Kebijakan Akses Ke
Rumah Sakit Dan Kontinuitas Pelayanan. Adapun aspek penelitian yaitu
Availability (Tersedia), Accestibility (aksesibilitas), Affordability (keterjangkauan),
dan Acceptability (penerimaan). Metode penelitian yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara,
observasi/pengamatan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
Pelayanan administrasi Pada Pasien Pengguna BPJS Kesehatan Di RSUD Harapan
Dan Doa Kota Bengkulu sudah berjalan dengan semestinya, namun belum dapat
dikatakan efektif. Hal ini dikarenakan pelayanan administrasi yang diberikan
terkadang masih melebihi dari waktu yang sesuai dengan peraturan, sarana-
prasarana pelayanan administrasi yang belum memadai sesuai dengan peraturan
serta jumlah petugas administrasi yang belum mencukupi sesuai dengan yang
dibutuhkan menjadi penyebab belum optimalnya pelayanan administrasi Pada
Pasien Pengguna BPJS Kesehatan Di RSUD Harapan Dan Doa Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan Administrasi, BPJS Kesehatan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 04:45 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 04:45 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28969 |