Karmila, Yumi and Kahar, Hakim and Suratman, Suratman (2024) EFEKTIVITAS PELAYANAN PERIZINAN MELALUI APLIKASI SICANTIK CLOUD PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA LUBUKLINGGAU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI YUMI KARMILA-1 - Yumi Karmila.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Salah satu bentuk inovasi pelayanan publik yaitu hadirnya Aplikasi Cerdas
Layanan Perizinan Terpadu untuk Publik yang disingkat SICANTIK Cloud untuk
memberikan kemudahan dalam pengurusan perizinan di DPMPTSP, yang dimana
pengurusan izin dapat diakses secara online mulai dari pengajuan permohonan
hingga surat izin diterbitkan. Namun di DPMPTSP Kota Lubuklinggau
masyarakat pengguna Aplikasi SICANTIK Cloud masih harus mendatangi kantor
untuk mengurus izin secara langsung, dan masih sering terjadi gangguan pada
server aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas
pelayanan perizinan melalui aplikasi SICANTIK Cloud pada DPMPTSP Kota
Lubuklinggau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif, dengan teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling,
teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi
serta teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Aspek penelitian berpedoman pada teori Ridwan dan
Sudrajat (2009:103) tentang efektivitas pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pelayanan perizinan melalui SICANTIK Cloud sudah dapat dikatakan
efektif dengan melihat dari aspek-aspek yaitu: Aspek Prosedur sudah memberikan
prosedur yang jelas dan mudah dipahami, namun proses pengurusan izinnya
belum maksimal, Aspek Waktu Penyelesaian sudah terdapat kejelasan waktu
dalam penyelesaian perizinan, namun masih terdapat kendala seperti ketika server
error penyelesaian perizinan menjadi terhambat. Aspek biaya penyelesaian tidak
ada biaya yang dibebankan kepada masyarakat, Aspek sarana dan prasarana sudah
tersedia fasilitas yang memadai dan lengkap, Aspek Kinerja Pegawai di
DPMPTSP Kota Lubuklinggau SDM pegawainya sudah cukup berkompeten
dibidangnya, Aspek Produk Pelayanan yang diberikan berupa surat izin yang telah
diterbitkan, dan sudah sesuai dengan ketentuan, masyarakat juga merasa puas
terhadap pelayanan yang diterima.
Kata Kunci : Efektivitas, Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu untuk
Publik (SICANTIK) Cloud
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > JS Local government Municipal government |
| Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration |
| Depositing User: | 58 darti daryanti |
| Date Deposited: | 13 Oct 2025 04:46 |
| Last Modified: | 13 Oct 2025 04:46 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28999 |

